Manfaat Bahan Alami untuk Menangkal Sinar Ultraviolet

tips merawat wajah dengan bahan alami untuk melindungi wajah dari sinar ultravioletSinar ultraviolet yang bersumber dari sinar matahari merupakan musuh alami kulit. Sinar Ultraviolet yang menerpa pada wajah akan merusak sel-sel kulit dan menyebabkan DNA tidak berfungsi dengan baik.

Tidak berfungsinya DNA ini pada akhirnya akan menimbulkan kerut, warna dan tekstur kulit tidak sama, kulit menjadi rusak dan rentan terhadap penyakit, atau bahkan bisa menyebabkan kanker kulit. Sinar Ultraviolet juga mempercepat proses penuaan genetik.

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan pastilah mempunyai kecemasan sendiri karena suatu hal yang mustahil untuk menghindari sinar Ultraviolet. Anda bisa menggunakan tabir surya yang sesuai dengan kulit Anda untuk menangkal paparan langsung sinar Ultraviolet. Ada banyak pilihan tabir surya yang ditawarkan dan dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda. Tabir surya berfungsi mencegah kerusakan gen.

Selain menggunakan tabir surya, untuk mengurangi efek jahat sinar Ultraviolet Anda bisa menggunakan bahan herbal. Bahan herbal yang baik digunakan untuk mengurangi bahaya paparan sinar ultraviolet adalah yang kaya akan kandungan vitamin C.

Berikut saya ulas sedikit bahan alami beserta caranya yang bisa Anda lakukan di rumah sebelum beraktivitas untuk menangkal bahaya sinar ultraviolet:

Manfaat Tomat

Tomat mengandung antioksidan likopen yang efektif menangkal bahaya sinar Ultaviolet. Untuk mendapatkan  manfaat tomat ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan:

  • Cara pertama, ambil satu buah tomat dan cuci bersih. Buah tomat tersebut selanjutkan lumatkan hingga halus. Selanjutnya tambahkan satu sendok teh minyak zaitun dan aduk rata. Minyak zaitun berfungsi untuk memaksimalkan penyerapan likopen yang terkandung oleh tomat.
  • Cara kedua, ambil beberapa lembar daun tomat yang masih muda, lalu cuci hingga bersih. Kemudian remas-remas daun tersebut hingga lembut. Hasil remasan tersebut langsung bisa dioleskan ke kulit wajah. Diamkan hingga mengering dan cuci dengan air dingin agar bau langu dari daun tomat hilang.
  • Cara terakhir, siapkan irisan tomat dalam jumlah secukupnya, lalu usapkan irisan tomat pada kulit wajah yang sebelumnya telah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit selanjutnya cuci hingga bersih.

Manfaat Teh Hijau

Selain tomat, teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan kandungan teh untuk antioksidan ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan vitamin C dan Vitamin E. Kandungan teh hijau juga mengandung fitoproteksi yang bisa menangkal dampak negatif dari paparan sinar ultraviolet.

Untuk mendapatkan manfaat teh hijau dalam mengurangi dampak negatif sinar ultraviolet pada wajah cantik Anda, gunakan teh hijau kering dan seduh dengan air panas. Biarkan seduhan tersebut hingga dingin dan saring. Air saringan tersebut selanjutnya bisa digunakan untuk membasuh wajah. Setelah dikompres, biarkan selama kurang lebih 10 menit agar cairan meresap ke wajah. Cara ini aman untuk dilakukan setiap hari.

Tips perawatan wajah dengan bahan herbal yang sudah diberikan tidak sulit bukan?. Selamat mencoba! (Cream Herbal)