Bersantai di Sela Jam Kerja

Bersantai di Sela Jam KerjaBekerja memang menyenangkan, apalagi ditunjang dengan skill dan hobi yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang sedang kita geluti. Bekerja bukan saja mencukupi kebutuhan materi, tapi juga merupakan pengalaman batin yang memberi kepuasan tersendiri. Pencapaian ini tidak terkadang tidak senilai dengan besaran upah yang kita dapat.

Namun terkadang bekerja bisa jadi membosankan jika sudah berkejar-kejaran dengan deadline apalagi saat banyak kerjaan masih menumpuk. Sementara si bos sudah menanti hasil pekerjaan kita yang harus segera diselesaikan. Tanpa kompromi kita sebagai bawahan tidak bisa beralasan menunda dikarenakan alasan apapun. Sebagai seorang pegawai, sikap professional kita sedang diuji dengan memposisikan pekerjaan kita sebagai prioritas.

Saat tengah menyelesaikan tugas kantor, pikiran dan kondisi tubuh amat berpengaruh terhadap kinerja kita. Pikiran ini mengontrol emosi sedangkan tubuh berpengaruh terhadap hasil pekerjaan. Keduanya harus sinkron menciptakan suasana kebatinan yang stabil dan positif dimulai dari memperbaiki fungsi organ-organ tubuh agar tercapai kualitas kerja yang optimal. Jika tak pandai mengimbanginya, kita akan mudah terseret oleh iklim dan suasana yang tak sehat di kantor. Seperti rasa bosan yang muncul di tengah kepadatan jam kerja, tumpukan pekerjaan di tengah hiruk-pikuk keramaian kantor. Rutinitas bekerja terkadang memaksa kita merasakan kejenuhan pekerjaan sehingga memunculkan tuntutan berupa hiburan baru di luar sana.

Hiburan biasanya paling dinantikan setiap minggunya yaitu saat akhir pekan (weekend). Tapi bagaimana dengan wanita karir? Tidak jauh berbeda dengan wanita lainnya, wanita karir juga wanita biasa yang membutuhkan hiburan di luar kantor yang bersifat ‘rekreasional’. Hiburan tidak sembarang hiburan tapi menjadi agenda wajib setiap ada kesempatan pada waktu istirahat jam makan siang di kantor atau sepulang kantor. Mencari hiburan di luar kantor menjadi penting dilakukan agar kita dapat memperbaiki kinerja dan kualitas kerja terutama sebagai sarana untuk menyegarkan pikiran kita.

Beberapa hiburan yang bisa dijadikan panduan berekreasi saat istirahat jam kantor atau sepulang kantor adalah sebagai berikut:

  • Melakukan relaksasi sendiri

Upaya ini bisa dilakukan sendiri di sela-sela pekerjaan kantor. Dengan melakukan sedikit gerakan peregangan otot atau olahraga yoga yang bisa mengurangi kepenatan dan ketegangan selama bekerja. Sesekali kita perlu membatasi diri kita dari beban pekerjaan yang terlalu berlebihan agar badan tidak terforsir akibat kelelahan menyelesaikan pekerjaan kantor.

  • Berselancar di dunia maya

Kegiatan yang satu ini pastinya sangat digemari. Terkadang kepadatan jam kerja membuat pekerjanya hampir tidak mempunyai waktu luang untuk dirinya sendiri, bahkan hanya untuk membuka akun kotak emailnya. Aktivitas ini menjadi terbatasi karena beban pekerjaan juga fasilitas internet yang kurang memadai. Padahal banyak hiburan yang bisa diakses melalui internet seperti bermain games, media jejaring sosial (facebook dan twitter), mengunduh musik, lagu, film, chatting atau membaca artikel yang dianggap menarik.

  • Berkumpul dengan teman-teman

Mengagendakan pertemuan bersama teman-teman di luar jam kantor tentu sangat membantu kita mengatasi stress pekerjaan. Sibuk bersosialisasi merupakan media paling efektif untuk mengisi sela-sela kesibukan kantor dengan bersantai di restoran, tempat karaoke, janjian berbelanja di salah satu mall, pergi menonton film bioskop bersama-sama.
Mulai sekarang tak perlu cemas lagi kan caranya mengatasai kejenuhan di sela-sela jam kantor dengan hiburan murah dan bermanfaat. Bagaimana dengan Anda? (Artikel ditulis oleh Layung Paramesti Martha, Bogor)